PROFIL
PROFIL
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
KONTAK
KONTAK
TRANSPARANSI KEUANGAN
TRANSPARANSI KEUANGAN
SATU DATA
SATU DATA
LAIN-LAIN
LAIN-LAIN

Pertama di Bali dan Indonesia : Hewan Peliharaan di Desa Sanur Kaja dipasangai Teknologi Chip

Pertama di Bali dan Indonesia : Hewan Peliharaan di Desa Sanur Kaja dipasangai Teknologi Chip

Desa Sanur Kaja mempelopori Penerapan Teknologi GUDI oleh GOChip menjadi Desa tujuan Wisata Ramah Anjing Pertama di Indonesia.

Desa Sanur Kaja, Denpasar Selatan melakukan terobosan di dunia digital. Bukan untuk manusia, tapi ini untuk hewan peliharaan warga. Pada Senin 9 Oktober 2023, hewan peliharaan warga khususnya anjing dipasangi microchip dimana di dalam chip tersebut terdapat data base.

Perbekel Desa Sanur Kaja, I Made Sudana menjelaskan, pemasangan microchip ini merupakan program inovasi desa untuk kesejahteraan hewan peliharaan bernama GUDI atau Gochip Unified Digital Identity. Program ini bisa dibilang inovasi digital pertama untuk tingkat desa maupun kelurahan di Indonesia terkait hewan peliharaan.

Program ini diawali dari Perdes Kesejahteraan Hewan Tahun 2017 dan diterapkan tahun 2018. Perdes itu bermula dari kasus gigitan anjing yang menimpa wisatawan dan pihak desa diminta bertanggungjawab untuk pengobatan di RS Internasional.

Kemudian ada program Dharma dari Unud yang langsung diterima Desa Sanur Kaja. "Namun Perdes itu masih manual, dan microchip ini untuk digitalnya," Pihaknya melakukan MOU dengan perusahaan chip Kanada terkait dengan pemasangan microchip ini.

Ada banyak keuntungan dari pemasangan microchip ini seperti identitas anjing tercatat termasuk ras, hingga riwayat kesehatan anjing juga terekam. "Kami juga lakukan door to door ke rumah-rumah untuk pemasangannya,"

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar, AA Bayu Brahmasta mengatakan saat desa atau kelurahan lain masih berkutat dengan rabies namun Sanur Kaja sudah memikirkan kesejahteraan peliharaan, salah satunya anjing.

Kami dari Desa Sanur Kaja berharap agar desa atau kelurahan lain di Kota Denpasar mengikuti inovasi seperti ini untuk mengurangi Kasus Rabies sekaligus meningkatkan kesejahteraan hewan.

#sanurkaja #desainspirasi #anjingterawat #sanurkajasehat